Bendungan Benel

Keindahan Panorama Alam di Bendungan Benel

Awalnya pembangunan Bendungan Benel pure untuk tujuan pertanian dimana para petani disekitar bendungan kini seringkali kekurangan air sehingga hasil panennya terganggu. Bendungan Benel pun kemudian dibangun dengan fungsi utama sebagai sarana irigasi bagi penduduk kawasan Jembrana. Namun karena lokasi disini memiliki pemandangan dan panorama alam yang indah maka ide untuk mengkomersialkan kawasan ini pun muncul.

Pembangunan bendungan ini sendiri selesai pada tahun 2010 yang lalu dengan total biaya mencapai 107 miliar. Kondisinya yang dekat dengan hutan lindung semakin mengukuhkan bendungan ini untuk kemudian menjadi areal wisata produktif. Udara di sekitar bendungan ini sangat sejuk karena memang letaknya berada di daerah pegunungan dan dikelilingi oleh pepohonan yang besar.

Keindahan Panorama Alam di Bendungan Benel
Keindahan Panorama Alam di Bendungan Benel

Dibawah Bendungan juga terdapat sawah luas yang begitu indah dengan teraseringnya. Sangat cocok bagi Anda para wisatawan yang merasa sangat jenuh dengan kehidupan di kota yang begitu sumpek dan banyak polusi. Jadi bila Anda mempunyai waktu luang, sempatkanlah untuk melancong ke Bendungan Benel, Jembrana, Bali. Bendungan Benel yang terbilang besar ini juga dapat dimanfaatkan untuk usaha perikanan air tawar. Berbagai ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan gabus, dan ikan air tawar lainnya terdapat di Bendungan ini. Jadi sangat cocok bagi Anda para wisatawan yang gemar ataupun hobi memancing menyalurkan hobinya di Bendungan Benel ini.

Dan bagi para wisatawan yang merasa penat dengan kehidupan kota, ataupun juga Anda memiliki waktu luang tapi tidak tahu harus kemana, Anda bisa menghabiskan waktu luang di bendungan Benel ini. Walaupun letaknya agak menjorok kedalam pedesaan namun antusias wisatawan untuk melancong ke tempat ini  tidaklah surut. Banyak wisatawan kerap manghabiskan waktu luangnya disini, baik bersama teman, keluarga, maupun pacar. Didaerah sekitar Bendungan Benel juga terdapat beberapa rumah makan yang bisa dikunjungi bila perut terasa keroncongan. Salah satunya rumah makan Madina yang terletak di Jl. Udayana (Gilimanuk-Denpasar). Sebuah hotel juga bisa anda gunakan untuk bermalam, yaitu Jimbarwana Hotel yang beralamat di Jl. Udayana No.2. Pulau Dewata.

Lokasi

Bendungan Benel berada di Dusun Mekar Sari, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali –Indonesia.

Post Author: Indro Rachman

Leave a Reply