Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana (GWK) Salah satu tempat favorit yang sering dikunjungi di kawasan Bukit Jimbaran adalah Garuda Wisnu Kencana atau lebih populer dengan sebutan GWK (sama seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang lebih terkenal dengan SBY atau es be ye).

Patung ini berlokasi di dekat Ungasan – Bukit Jimbaran Bali. Karya masterpiece seniman Bali, I Nyoman Nuarta. Kawasan ini rencananya  dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi landmark bagi pariwisata Bali dan Indonesia.
Kalau kita mengunjungi objek wisata lain seperti Dreamland (pecatu resorts) ataupun Uluwatu, kita akan melewati GWK terlebih dulu.

Highlight dari objek wisata ini adalah 2 patung, yaitu Patung Wisnu dan Patung Garuda. Patung yang berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah dewa Pelindung dan pemelihara, mengendarai burung Garuda. Diambil dari cerita “garuda & kerajaannya” dimana rasa bhakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan dan  akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.
Patung ini dibangun dengan ketinggian 140 meter, diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, hingga Nusa Dua . Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia.

Kompleks lapangan GWK sering dipakai sebagai tempat konser atau launching perusahaan di Bali. Di malam hari, kita bisa menikmati kerlap-kerlip lampu di bagian bawah seperti Jimbaran, Benoa dan juga Kuta. Pulau Dewata.

Post Author: Indro Rachman

Leave a Reply